Monday, September 14, 2015

Tutorial Mikrotik Failover

Assallamuallaikum wr.wb


Sobat pembaca yang baik hatinya,,
Lama tidak update  :v /  ,, mumpung masih anget abis belajar Failover :v
biar manfaat saya share buat teman-teman sekalian ( ^-')>
oke pertama , biar kita pahamin dulu yah... apa itu Failover / Basic Failover?

Menjalankan satu link saja , sebagai main link yang akan digunakan,
Misalkan salah satu jalur koneksi yang kita gunakan sedang down, maka akan beralih
ke jalur koneksi lain yang sedang up bisa dibilang alternatif agar koneksi tetap berjalan.

langsung saja, kita aplikasikan ke dunia nyata :v
kita asumsikan kita memiliki dua jalur koneksi ISP1, ISP2 dan Mikrotik CLIENT
dengan konfigurasi sebagai berikut    :

1. ISP 1  dengan IP =  10.10.10.1/30
2. ISP 2 dengan IP  =  11.11.11.1/30

berikut konfigurasi di Mikrotik CLIENT  :
Setting IP nya
ip address add address=10.10.10.2/30 interface=ether1   [ ISP1 ]
ip address add address=11.11.11.2/30 interface=ether2   [ ISP2 ]
ip address add address=192.168.10.10 interface=ether3  [ LAN ]

Tambahkan DNS
ip dns set servers=8.8.8.8 allow-remote-request=yes
*disini saya menggunakan DNS mainstream google :v

kemudian kita taburkan Bumbu NAT  #mulai ngawur :v ,
ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade src-address=192.168.10.0/24
dan yang paling terpenting :v ... Route nya, tanpa dirinya ... #ah sudahlah :v
ip route add gateway=10.10.10.1 distance=1
ip route add gateway=11.11.11.1 distance=2
Note  :
* ip route yaitu IPnya si ISP,
*distance , sebagai urutan prioritasnya ,
distance 1 sebagai UTAMA dan distance 2 sebagai BACKUP.

sekarang kita sudah melakukan konfigurasi sedemikian rupa :v,
udah begitu doang :v ? saya pun tercengang :v
apa efeknya :v? mari kita saksikan :v


gimana sih ISP 1 bisa down hadeh :v , kecewa nih :v untung masih ada ISP 2
jadi masih tetap bisa internetan  awkwkwkwkkwkwkw :v
Note   :
*apa yang mengindikasikan kalau Failover kita berhasil :v?
*saya melakukan test ping , dan ketika ISP 1 saya cabut lan nya  *aduh ketauan >_< )
down ... timeout sebentaaaarr kemudian :v ,, kembali lagi reply  yap begitulah :v
apa yang saya pelajari kemarin :v ,
kalau ada kendala , comment aja mungkin saya bisa bantu :v /

dan mohon maaf buat temen2, kalau tulisan saya terlalu sederhana
atau mungkin gajelas :v , saya mah apa atuh :v tutorial yang nulisnya Newbie :v
jadi begini adanya :v #kebiasan curhat mulu :v
Terimakasih atas perhatian sobat sekalian :v
Moga bisa membantu Teman-teman , kalau ada yang salah tolong ingetin yah :v /
Akhir kata , Wassalamuallaikum wr.wb
_________________________________________________________________

No comments:

Post a Comment

> Silahakan Comment ( '-')/ ,dan gunakan tutur kata yang sopan ,
>untuk request bisa kirim email langsung ke husckyever@yahoo.com atau
Fanspage kami ,
> Maaf jika Komentar belum dibalas, langsung ke Fanspage biasanya lebih cepat dibalas :v , atau mungkin mau ngobrol/curhat sama adminnya :v #GRbanget
> komentar menggunakan moderasi , harap sabar mas,mbak :v
oh iya sebelum bertanya, coba deh liat dulu komentar sebelumnya
mungkin udah kejawab :v,
> terimakasih atas kunjungannya